Komponen Utama Solar Panel System

Solar Panel System Part adalah bagian-bagian yang membentuk sebuah sistem solar panel yang menghasilkan listrik yang dapat di gunakan untuk alat-alat eletronik dalam kehidupan sehari-hari.

Solar Panel System terdiri dari beberapa komponen, beberapa komponen utama solar panel system diantaranya adalah ( klik link dibawah berdasarkan jenis produk yang ingin di lihat ) :

 

1. Solar Panel

Solar Panel adalah alat yang terdiri dari sel surya yang berfungsi untuk mengkonversikan sinar matahari menjadi listrik bermuatan DC.

Type Solar Panel :

  1. Solar Panel Monocrystallin
  2. Solar Panel Polycrystallin
  3. Solar Panel Thin Film

 

2. Controller Solar Panel

Solar Charge Controller adalah komponen di dalam sistem PLTS berfungsi sebagai pengatur arus listrik (Current Regulator) baik terhadap arus yang masuk dari panel PV maupun arus beban keluar / digunakan. Bekerja untuk menjaga baterai dari pengisian yang berlebihan (OverCharge), Ini mengatur tegangan dan arus dari panel surya ke baterai.

Sebagian besar Solar PV 12 Volt menghasilkan tegangan keluar (V-Out) sekitar 16 sampai 20 volt DC, jadi jika tidak ada peraturan, baterai akan rusak dari pengisian tegangan yang berlebihan… yang umumnya baterai 12Volt membutuhkan tegangan pengisian (Charge) sekitar 13-14,8 volt (Tegantung Tipe Battery) untuk dapat terisi penuh.

Solar Controller terbagi menjadi 2 type yaitu:

  1. PWM
  2. MPPT

 

3. Battery

Battery adalah alat penyimpan tenaga listrik arus searah ( DC ).

Ada beberapa jenis baterai / aki di pasaran yaitu

  1. Aki basah/ konvensional,
  2. Aki MF ( Maintenance Free ) / Kering.
  3. Aki VRLA ( Valve Regulated Lead Acid )
  4. Aki Lithium

4. Inverter

Inverter adalah suatu rangkaian elektronika daya yang digunakan untuk mengkonversi atau mengubah tegangan searah (DC) menjadi tegangan bolak-balik (AC). Inverter merupakan kebalikan dari converter (adaptor) yang memiliki fungsi mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).

Inverter pada umumnya terbagi menjadi 4 type yaitu :

  1. Inverter Modified Sine Wave
  2. Inverter Square Sine Wave
  3. Inverter Pure Sine Wave
  4. Inverter Grid Tie