PLTS

Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) adalah pembangkit listrik yang sumber listriknya diperoleh melalui sinar matahari yang nantinya sumber listrik tersebut di kelola dan di alirkan ke perumahan penduduk.

Brosur PLTS / SHS :

  1. Brosur PLTS Terpusat

  2. Brosur PLTS Tersebar / SHS ( Solar Home System )

  3. Brosur Solar Home System (SHS) Off Grid Hybrid / Pengganti Genset

  4. Brosur Solar Home System (SHS) On Grid Hybrid / Pengurang Tagihan Listrik

 

Untuk pricelist Paket PLTS klik link di bawah ini :

  1. Pricelist Paket PLTS Terpusat

  2. Pricelist Paket PLTS Tersebar / SHS ( Solar Home System )

  3. Pricelist Paket SHS Off Grid Hybrid / Pengganti Genset

  4. Pricelist Paket SHS On Grid Hybrid

 

PLTS terbagi menjadi 2 system utama :

  1. PLTS On Grid ( Tanpa Battery )
  2. PLTS Off Grid ( Dengan Battery )

 

1. PLTS On Grid

PLTS On Grid adalah sebuah sistem plts yang sumber listriknya langsung di alirkan ke perangkat eletronic tanpa melalui battery .

Keuntungan menggunakan PLTS On Grid :

  • Hemat biaya
  • Sumber listrik dapat langsung di gunakan selama matahari bersinar
  • Energi yang tidak akan pernah habis
  • Ramah lingkungan

2. PLTS Off Grid

PLTS Off Grid adalah sebuah sistem plts yang sumber listriknya di alirkan terlebih dahulu ke tempat penyimpanan yaitu battery kemudian di alirkan kembali ke perangkat eletronic.

Keuntungan menggunakan PLTS Off Grid :

  • Dapat di gunakan sebagai backup ketika mati lampu ( untuk yang sudah masuk listrik PLN )
  • Sangat cocok menggantikan sistem genset untuk daerah yang tidak dimasuki aliran listrik
  • Energi yang tidak akan pernah habis
  • Ramah lingkungan

Perbedaan On Grid dan Off Grid pada Sistem Panel Surya

Perbedaannya sistem panel surya on grid dengan sistem panel surya off grid adalah terletak di penggunaan baterai. Sistem atau cara kerja off grid inverter tetap mengandalkan baterai untuk menyimpan energi listrik. Jadi sistem off grid ini sangat cocok diterapkan di daerah pemukiman yang tidak mendapat pasokan energi listrik dari PLN.

Dikarenakan menggunakan baterai, maka pada sistem PLTS off grid energi listrik tetap bisa dinikmati pada malam hari. Dan oleh karena menggunakan baterai maka outputnya adalah arus listrik DC. Untuk merubahnya menjadi AC dibutuhkan sebuah inverter. Jadi pengertian off grid inverter disini adalah alat untuk mengubah arus listrik searah menjadi bolak balik. Dengan demikian energi listrik yang diperoleh dari panel surya pada siang hari dapat disimpan di baterai tersebut untuk kemudian digunakan pada malam hari, saat tidak ada sinar matahari untuk memproduksi listrik.

PLTS terdiri dari :

  1. Solar Panel
  2. Controller
  3. Lampu AC / DC
  4. Battery
  5. Inverter
  6. Box Battery dan Accesories
  7. Bracket Solar Panel dan Accesories

 

Berikut penjelasan mengenai fungsi bagian-bagian PLTS:

  1. Solar Panel

Solar Panel adalah kepingan solar cell yang terintegrasi menjadi satu di dalam sebuah panel atau kotak yang berfungsi untuk menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik dc yang mempunyai tegangan yang tidak stabil atau selalu berubah-ubah berdasarkan tingkat kecerahan dari sinar matahari.

 

2.  Battery Controller Regulator

Battery Controller Regulator ( BCR ) adalah alat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan yang telah di hasilkan oleh solar panel yang nantinya  akan di teruskan ke tempat penyimpanan yaitu battery. Selain menstabilkan tegangan bcr berfungsi sebagai timer atau pengaturan lama nyala lampu setiap harinya dan dapat juga berfungsi sebagai sensor cahaya, yaitu ketika sinar matahari tidak ada atau gelap lampu akan menyala secara otomatis.

 

3.  Lampu AC / DC

Lampu PJU DC adalah lampu yang mempunyai tegangan dc yang rata-rata mempunyai tegangan 12 dan 24 volt yang berfungsi sebagai alat penerangan jalan .

 

4. Battery

Battery merupakan tempat penyimpanan dimana energi yang di hasilkan oleh solar panel kemudian energi tersebut di stabilkan oleh bcr di lanjutkan ke battery sebagai tujuan akhir dari sistem PJUTS.

 

5. Inverter

Inverter adalah alat untuk merubah tegangan dc (12 – 96 volt ) menjadi tegangan ac 220 volt yang dapat di gunakan oleh perangkat electronic umum.

 

6. Box Battery dan Accesories

Box battery adalah kotak tempat penyimpanan battery yang terbuat dari plat besi yang biasanya di cat powder coating dan dikaitkan di tengah tiang pju .

 

7. Bracket Solar Panel dan Accesories

Bracket Solar Panel berfungsi sebagai penyangga dari solar panel yang dapat di hubungkan ke tiang pju.