Lighting

LED (Light Emitting Diode) merupakan sejenis lampu yang akhir-akhir ini berkembang dalam kehidupan kita. lampu LED pada umumnya digunakan untuk gadget seperti ponsel atau komputer. inididesikasikan sebagai pesaing lampu bohlam dan neon, saat ini dengan perkembangan zaman lampu led sudah diaplikasikan dengan meluas dan bahkan bisa kita temukan pada kendaraan, lampu emergency dan sebagainya. lampu Led didesikasikan sebagai model lampu masa depan yang dianggap dapat menekan pemanasan global karena dianggap sangat efisien.

Lampu LED sekarang sudah banyak digunakan untuk:

  • penerangan untuk jalan
  • lampu lalu lintas
  • interior/eksterior gedung
Asesoris mobil atau motor bahkan lampu led dipergunakan untuk alternatif penerangan nelayan, terutama nelayan di bagang, nelayan bagang pada umumnya memanfaatkan media penerangan untuk mendapatkan ikan pada bagang, pada umumnya pencahayaan tersebut bersumber pada jenis lampu petromak, namun saat ini para nelayan tersebut mengalami kesulitan untuk mendapatkan minyak tanah sebagai bahan bakar penerangan lampu petromak, selain mengalami kesulitan harganya pun semakin mahal, berhubung subsidi terhadap minyak tanah sudah dicabut, sudah jelas akibat dari permasalahan ini nelayan akan menghadapi kendala cukup fatal dan berdampak pada hasil tangkapan.

Kualitas cahayanya memang berbeda dibandingkan dengan lampu TL ataupun lampu lainnya. Tingkat pencahayaan LED dalam ruangan memang tidak lebih terang dibandingkan lampu neon, inilah mengapa LED dianggap belum layak pakai secara luas. Para ilmuwan di University of Glasgow menemukan cara untuk membuat LED bersinar lebih terang. Percobaannya adalah dengan membuat lubang mikroskopis pada permukaan LED sehingga lampu bisa menyala lebih terang tanpa menggunakan tambahan energi apapun. Pelubangan tersebut menerapkan sistem nano-imprint litography yang sampai saat ini proyeknya masih dikembangkan bersama-sama dengan Institute of Photonics.